Friday, 6 March 2020. 1:39 am
More News

Taman Kerta Gosa di Klungkung

JARRAKPOSMATARAM.COM –  Klungkung itu kabupaten dengan wilayah paling kecil di Bali. Kerta Gosa itu taman yang banyak meraup wisatawan. Selalu ada saja pelancong berkunjung ke bangunan kuno ini. Kerta Gosa adalah sisa kejayaan kerajaan Klungkung di masa lalu. Fungsinya ketika itu oleh raja yang memerintah digunakan sebagai pusat untuk mengadili perbuatan kejahatan.

Setelah kemerdekaan RI, Kerta Gosa dibuka untuk lahan pariwisata sebagai cara jitu dalam mendapatkan penghasilan. Orang asing tertarik dengan bangunan dengan arsitek Bali Kuno. Sebagai bagian dari wisata budaya selain adat-istiadat dan juga tarian serta gamelan.

Kerta Gosa adalah pusat pemerintahan raja Klungkung tempo dulu. Sekarang penerus keluarga kerajaan memelihara  bangunan ini sehingga terjaga keasriannya. Sayang untuk dilupakan. Karya para undagi alias arsitek pada zaman nenek  moyang.

Di  sudut timur Kerta Gosa ada balai ala zaman  Majapahit. Langit-langitnya dipenuhi lukisan  yang sangat isinya sangat ekstrim. Tentang pengadilan oleh dewa kematian. Perbuatan baik masuk surga . Sebaliknya perbuatan jahat masuk neraka. Seperti disebutkan dalam Sarasamuccaya, kitab suci Hindu di Bali.

 

Penulis : I Wayan Budiartawan

Editor : Lle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *