Saturday, 22 February 2020. 11:10 am
More News

Perguruan Rakyat Saraswati

JARRAKPOSMATARAM.COM – Di Bali pihak swasta juga menyelenggarakan pendidikan untuk semua rakyat. Salah satunya adalah Perguruan Rakyat Saraswati yang sangat terkemuka. Lembaga/yayasan swasta Saraswati mendirikan sekolah-sekolah dari TK, SD, SMP, SMA, sampai universitas. Saraswasti adalah lembaga sekolah swasta tertua di Bali.

Pihak pemerintah secara ‘hand in hand’ bekerja sama dengan yayasan swasta seperti Saraswati untuk membangun sekolah-sekolah bermutu yang biayanya terjangkau oleh kebanyakan rakyat jelata. Dengan demikian siswa/i yang tidak bisa ditampung di sekolah negeri bisa langsung disalurkan ke sekolah swasta.

I Gusti Ngurah Tamba almarhum adalah pejuang dari Bali yang merintis berdirinya Perguruan Rakyat Saraswati. Universitas Maha Saraswati yang berkedudukan di Denpasar telah berkembang pesat. I Gede Made Saskara Edi (51) contohnya. Alumni ITB Bandung jurusan farmasi ini sekarang menjadi bos sekolah tinggi farmasi yang tergabung di bawah payung Perguruan Rakyat Sarasawati.

Swasta adalah mitra pemerintah dalam mengelola pendidikan di negeri ini. Tidak semua sekolah swasta berjalan lurus-lurus saja. Tidak sedikit yang menyimpang dan bahkan menjurus ke arah penipuan. Pemerintah dengan lembaga akreditasinya diharapkan mampu mengawasi mutu pendidikan swasta yang menjamur saat ini.

 

 

Penulis : I Wayan Budiartawan

Editor : Lle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *