Connect with us

Uncategorized

MENGEDEPANKAN KOMUNIKASI TULUS MAMPU MENYELESAIKAN KESALAHPAHAMAN

Published

on

Senin, 20-04-2020 | jarrakposmataram.com – Menyimak isi video pada link Youtube (https://youtu.be/2WTrPC0-lqc), bawah mereka berdua memiliki jiwa besar dalam koridor kebersamaan untuk menyelesaikan kesalahpahaman lewat komunikasi ketulusan.

Hebatnya,  mereka berdua cinta Indonesia. Mereka mengucapkan, “Bersatu untuk Indonesia. NKRI Harga Mati” secara bersama.

Mereka telah mengedepankan komunikasi dialog menyelesaian persoalan. Ini contoh yang bagus sekali.

Ke depan, jika ada persoalan terkait dengan perbedaan,  sebaiknya kita tempuh cara seperti ini. Pola semacam ini jauh lebih menyelesaikan kesalahpahaman daripada tuntut-menuntut.

Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Bapak  berdua, para pihak, dan tak terkecuali aparat polisi setempat yang membuka ruang komunikasi dan dialog.

Saya mengajak semua anak negeri ini, “Ayo,  mari kita kedepankan komunikasi ketulusan menyelesaikan kesalahpahaman di negeri ini!”

 

Salam,

Emrus Sihombing

Direktur Eksekutif

Lembaga EmrusCorner

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

Wabah Covid-19, 104 Kabupaten dan Kota Masuk Daftar Zona Hijau

Published

on

By

JAKARTA, WWW.JARRAKPOSMATARAM.COM, Gugus Tugas Nasional melakukan pemutakhiran data zonasi risiko daerah, kali ini terdapat 104 kabupaten dan kota yang terdaftar dalam zona hijau atau wilayah tanpa kasus COVID-19. Hal itu diungkapkan Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Dewi Nur Aisyah saat konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Dewi mengatakan, data yang dihimpun hingga 5 Juli 2020, terdapat 104 wilayah administrasi di tingkat kabupaten dan kota berada pada zona hijau. Pengertian wilayah dengan zona hijau yaitu daerah yang pernah ditemukan kasus positif COVD-19 kemudian berhasil menekan laju penyebarannya dan daerah yang sama sekali tidak pernah ditemukan kasus positif.

“Data yang kita analisis merupakan data terakhir di tanggal 5 Juli 2020. Empat puluh tiga kabupaten-kota yang sudah berhasil masuk ke dalam zona hijau setelah sebelumnya terdampak COVID-19 namun selama empat pekan terakhir sudah tidak ditemukan kasus positif Covid dan angka kesembuhan mencapai seratus persen,” kata Dewi

Keempat puluh tiga wilayah administrasi di tingkat kabupaten dan kota tersebut, antara lain:

Provinsi Aceh – Aceh Barat Daya, Pidie, Simeleu, Gayo Lues dan Bener Meriah.

Provinsi Sumatera Utara – Labuhan Batu.

Provinsi Jambi – Bungo, Tanjung Jabung Timur, Tebo dan Merangin.

Provinsi Sumatera Barat – Kota Sawahlunto, Kota Pariaman, Kota Solok, Pasaman Barat, Lima Puluh Kota, dan Kota Payakumbuh.

Provinsi Bengkulu – Bengkulu Selatan, Kaur, Mukomuko dan Seluma.

Provinsi Lampung – Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan dan Pesawaran.

Provinsi Riau – Kepeluauan Meranti dan Siak.

Provinsi Sumatera Selatan – Musi Rawsa Utara dan Ogan Komering Ulu Selatan.

Provinsi Kalimantan Tengah – Sukamara.

Provinsi Kalimantan Barat – Kapuas Hulu dan Kayong Selatan.

Provinsi Sulawesi Tenggara – Muna Barat.

Provinsi Sulawesi Tengah – Banggai Kepulauan.

Provinsi Sulawesi Barat – Mamuju Utara dan Majene.

Provinsi Nusa Tenggara Timur – Flores Timur, Rote Ndao dan Timor Tengah Selatan

Provinsi Nusa Tenggara Barat – Bima.

Provinsi Maluku – Buru Selatan.

Provinsi Maluku Utara – Pulau Taliabu.

Provinsi Papua Barat – Manokwari Selatan.

Provinsi Papua – Mamberami Tengah.

Selanjutnya Dewi yang juga pakar epidemiologi menjelaskan terdapat enam puluh satu daerah yang hingga Minggu lalu (5/7) tidak terdampak COVID-19.

“ada enam puluh satu kabupaten / kota yang sampai hari ini tidak tercatat adanya kasus positif COVID-19 di wilayah tersebut. Ini juga termasuk daerah-daerah di Indonesia yang harus kita jaga agar daerahnya tidak terdampak covid-19 dan senantiasa dalam kondisi yang sehat dan tidak ada infeksi penularan di wilayahnya,” jelasnya.

Enam puluh satu daerah itu terdiri dari,

*Provinsi Aceh* – Pidie Jaya, Kota Sabang, Kota Langsa, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Timur dan Kota Subulussalam.

Provinsi Sumatera Utara – Pakpak Bharat, Nias Barat, Mandailing Natal, Padang Lawas, Nias, Nias Utara, Selatan, Humbang Hasundutan dan Nias Selatan.

Provinsi Riau – Rokan Hilir.

Provinsi Kepulauan Riau – Natuna, Lingga dan Kepulauan Anambas.

Provinsi Jambi – Kerinci.

Provinsi Bengkulu – Lebong.

Provinsi Lampung – Lampung Timur dan Mesuji.

Provinsi Kalimantan Timur – Mahakam Ulu.

Provinsi Sulawesi Tengah – Tojo Una-una.

Provinsi Sulawesi Utara – Bolaang Mongodow Timur dan Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Provinsi Sulawesi Tenggara – Konawe Kepulauan.

Provinsi Nusa Tenggara Timur – Sumba Tengah, Ngada, Sabu Raijua, Lembata, Malaka, Alor, Timor Tengah Utara, Manggarai Timur, Kupang, dan Belu.

Provinsi Maluku – Maluku Tenggara Barat, Maluku Tenggara, dan Kepulauan Aru.

Provinsi Papua – Yahukimo, Mappi, Dogiyai, Paniai, Tolikara, Yalimo, Deiyai, Mamberamo Raya, Nduga, Pegunungan Bintang, Asmat, Puncak, dan Intan Jaya.

Provinsi Papua Barat – Maybrat, Pegunungan Arfak, Tambrauw, dan Sorong Selatan.

Sebagai informasi, detail mengenai data kabupaten dan kota dengan kategori risiko berbeda dapat dilihat pada laman covid19.go.id/peta-risiko.(Red/Aj)

Sumber ; Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional

www.jbm.co.id

Continue Reading

Uncategorized

Sel Darah Manusia

Published

on

By

 

  • KARANGASEM-JARRAKPOSMATARAM.COM_Sel darah manusia digolongkan ke dalam dua jenis. Sel darah merah dan sel darah putih. Sel darah merah berfungsi untuk membawa sari makanan ke seluruh tubuh. Sel darah putih berfungsi untuk mencegah timbulnya penyakit.

Kurikulum pendidikan sekolah dasar telah membahas sel darah manusia ini. Dengan demikian diharapkan siswa-siswi sekolah dasar mengenal pengetahuan tentang sel darah. Dan selanjutnya bisa menjaga tubuh supaya tidak terjadi apa-apa dengan darah yang bisa membahayakan. Untuk mencegah kematian yang tidak diharapkan.

Menjaga kesehatan darah perlu dilakukan sejak dini. Sayur-sayuran yang dikonsumsi mengandung vitamin A dan sejenisnya. Sedangkan buah-buahan mengandung vitamin C seperti buah jeruk. Kacang hijau mengandung vitamin B. Sementara daging dan ikan mengandung protein. Air minum mengandung mineral.

Pendidikan sekolah dasar memberi contoh transfusi darah yang mengeluarkan biaya besar. Perlu hati-hati dalam makan dan minum agar tidak ada masalah kesehatan seperti penyakit akibat kekurangan darah. Wajah pucat dan lesi adalah ciri-ciri tubuh kekurangan darah. Sementara badan lemah juga ada hubungannya dengan gejala penyakit kekurangan darah.

I Wayan Budiartawan
Staf redaksi majalah Elektron ITB, 1988-1992

Jp/putu/lle

Continue Reading

Uncategorized

Tukang Genteng Dari Pejaten

Published

on

By

JARRAKPOSMATARAM.COM – Desa Pejaten, Tabanan memproduksi genteng. Bahannya dari tanah galian di sana. Genteng asli Pejaten ini kuat. Mutunya bagus sehingga banyak yang memakai. Bahkan sampai di desa Pesaban, Karangasem genteng Pejaten terkenal. Butuh waktu 3 jam untuk mengangkut genteng dari Pejaten  ke Pesaban.

Membangun rumah perlu genteng dari tanah. Dikabarkan di sebuah media online genteng Pejaten juga sampai ke pasar luar pulau yaitu Lombok. Untuk pembangunan kompleks perumahan. Diinformasikan juga genteng pejaten dibutuhkan rakyat Nusa Penida.
Mata pencaharian yang segera menghasilkan lembar-lembar rupiah bagi penduduk Pejaten, Tabanan.

Seperti diketahui rumah juga bisa menggunakan atap dari kayu sirap.  Kayu sirap hanya diperuntukkan untuk bangunan-bangunan artistik seperti restoran tempat makan para wisatawan. Tapi rumah-rumah penduduk semua memakai genteng dari tanah. Dan Bali menyalurkan genteng tanah buatan Pejaten.

Seng juga bahan untuk membuat atap. Dijual di toko-toko bangunan, atap dari logam seng sangat ringan. Paku payung digunakan untuk menancapi seng di  atas kerangka atap rumah. Seng cepat berkarat. Biasanya atap seng digunakan untuk bangunan sementara alias darurat seperti gudang atau garasi kendaraan.

 

 

Penulis : I Wayan Budiartawan

Editor : Lle

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 Jarrakposmataram.com