Friday, 14 February 2020. 5:51 am
More News

Kawasan Wisata Bukit Jambul

JARRAKPOSMATARAM.COM – Bukit Jambul memang indah. Kawasan wisata ini terletak di desa Pesaban, kecamatan Rendang, kabupaten Karangasem-Bali.  Bila ditempuh dengan kendaraan tempat ini bisa dijangkau dari kota Denpasar dalam tempo satu jam perjalanan. Sawah bertingkat-tingkat menghijau. Jalan menanjak berliku-liku dari arah selatan.

Bukit Jambul adalah tempat persinggahan sementara sebelum para wisatawan berangkat lagi ke arah utara menuju kawasan wisata utama yaitu Pura Besakih. Panorama Bukit Jambul sedemikian menarik sehingga banyak pelancong baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri mengabadikannya dalam bentuk foto-foto dan rekaman-rekaman video.

Restoran dibuka di Bukit Jambul oleh usahawan setempat sehingga turis-turis bisa makan sambil beristirahat sejenak.  Diberi nama Bukit Jambul karena di wilayah ini ada bukit kecil yang puncaknya ditumbuhi pohon. Dari jauh kelihatan seperti “jambul” burung. Di puncak bukit ada sebuah pura tempat sembahyang warga desa Pesaban.

Desa Pesaban menuju desa wisata. Pemuka adat setempat sibuk mempersiapkan  desa Pesaban menjadi daerah tujuan wisata.  Tidak saja dibutuhkan kesiapan dalam tenaga yang mumpuni tetapi juga  diperlukan kemampuan manajemen dan kerja yang lebih profesional. Desa Pesaban adalah desa pertanian sehingga kultur wisata penanganannya harus dilakukan secara khusus.

 

 

Penulis : I Wayan Budiartawan

Editor : Lle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *