Sunday, 15 March 2020. 1:27 am
Science

Ilmu Hayat Sebuah Pengenalan

JARRAKPOSMATARAM.COM – Zaman bapak-bapak kita sekolah salah satu pelajaran yang wajib diikuti adalah ilmu hayat. Sekolah Rakyat (SR) adalah pendidikan awal anak-anak sekolah pada tahun 1950-an. Ilmu hayat mengajarkan hewan atau binatang. Di samping tumbuh-tumbuhan alias tanaman. Tubuh manusia dibahas untuk tahap lanjut yang membutuhkan keahlian tertentu.

Tumbuh-tumbuhan terdiri dari akar, batang dan daun. Di tambah buah-buahan serta umbi-umbian. Akar terdiri dari akar tunjang dan serabut. Batang terdiri atas cabang dan ranting. Disebutkan tumbuhan atau tanaman menyerap bahan makanan dari serabut akar.

Bunga-bunga, sari serta proses penyerbukan.

Hewan terdiri atas hewan yang berkembang biak dengan telur seperti ayam dan itik. Juga binatang atau hewan yang melahirkan anak dari kandungan seperti sapi dan kerbau. Bapak-bapak lulusan SR ini banyak yang menjadi petani. Menjadi penghasil gabah alias buah padi. Atau menjadi penghasil umbi singkong.  Pelihara unggas dan sapi atau kerbau.

Tubuh manusia dibahas lebih teliti. Seperti tulang dan otot sebagai rangka tegaknya tubuh dan menunjang  kemampuan bergerak. Alat pencernaan seperti usus. Alat pernafasan seperti paru-paru. Juga jantung untuk memompa darah. Juga hati untuk menimbun racun. Darah mengedarkan sari-sari makanan. Otak sebagai pusat pengendali syaraf yang berkuasa atas tubuh manusia.

 

 

Penulis : I Wayan Budiartawan

Editor : Lle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *